16 Juli 2009

10 ciri orang yang berfikir positif

Semua orang yang berusaha meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya pasti tahu bahwa hidup akan lebih mudah dijalani bila kita semua berpikir positif . Tapi, bagaimana melatih diri supaya pikiran positiflah yang ”beredar” di kepala kita, tak banyak yang tahu. Oleh karena itu, sebaiknya kita kenali saja dulu cici-ciri orang yang berpikir positif dan mulai mencoba meniru jalan pikiranya :

1. Melihat masalah sebagai tantangan

Hidup adalah perjalanan, gambarkanlah hidup layaknya anda mendaki gunung, selalu ada tujuan yang ingin dicapai. Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan membuat hidupnya jadi orang yang paling sengsara sedunia.

2. Menikmati hidup

Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadanya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.

3. Pikiran terbuka untuk menemerima saran dan ide

Pikiran yang terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. Karena dengan begitu, boleh jadi hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.

4. Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak

Memelihara pikiran negatif dan apriori yang belum tentu benar lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Suatu Kendala yang sebetulnya bisa dihadapi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata malah bisa menimbulkan masalah.

5. Mensyukuri apa yang dimiliki.

Rejeki itu sudah ada yang mengatur. Jika memang sudah rejekinya, tidak akan lari kemana-mana. Yang penting kita ikhlas dan rasa syukur atas apa yang telah didapat .. Hindari berkeluh-kesah tentang apa pun yang tidak di punyai karena justru akan menjadi beban .. Sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diidamkan.

6. Tidak mendengarkan gosip yang tak menentu

Sudah pasti, gossip berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak untungnya adalah perilaku yang dijahui si pemikir positif.

7. Tidak bikin alasan tapi langsung bikin tindakan

Kita tidak perlu janji tapi butuh bukti yang nyata.

8. Mengunakan bahasa yang positif

Kita berkomonikasi menggunakan bahasa. Gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti “Masalah itu pasti akan terselesaikan, “dan “Pada dasarnya ia memang berbakat, hanya perlu menambah jam terbang saja”.

9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif

Di antaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias dan hidup.

10. Peduli pada citra diri

Itu sebabnya, mereka selalu berusaha tampil baik bukan hanya di luar tapi juga di dalam.

Selamat Mencoba… ,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar